Belajar Bahasa Tagalog yuk.. !

Posted by Dhanalova on 01:59 AM, 01-Apr-12 • Under: Linguistics
Dhanalova.heck.In .Dalam kesempatan ini saya akan sedikit mengulas tentang bahasa "TAGALOG" , yaitu bahasa yang dipakai di FILIPHINA.

Selain agar tidak terkesan mönoton pada menu blog ini , kita bisa tahu dan bertambah ilmu.

Bahasa "TAGALOG" ada sedikit Kesamaan dengan bahasa indonesia , dan terletak pada banyaknya kemiripan kosa-kata seperti :anak,mahal,murah,kambing,ako,ikaw
Dan banyak lagi,bahasa tagalog terbagi atas beberapa dialek seperti dialek lubang,manila,marindugue ,Bata’an,Batangas,bulacan,tanay paete,dan tayagas.

kalimat dasar bahasa tagalog

  • *kumustaka?:apa kabar
  • *Magandang umaga:Selamat pagi
  • *magandang hapoh:selamat siang
  • *Magandang gabi:selamat malam
  • *ano ang pangalanmo:siapa namamu?
  • *salamat:terima kasih
  • *kanan:kanan
  • *tulong:tolong
  • *tanghari:tengah hari
  • *duryan:durian
  • *Rambutan:rambutan
  • *batik:batik
  • *sarap:sedap
  • *apat:empat
  • *lima:lima
  • *anim:enam
  • *ako:aku
  • *ikau:engkau
  • *kami:kami
  • *lalaki:lelaki
  • *payong:payung
  • *bato:batu
  • *puti:putih
  • *ulan:hujan
  • *sinta:cinta
  • *buwaya:buaya
  • *bawang:bawang
  • *pulo:pulai

Hitungan:

  • 1:isa
  • 2:dalawa
  • 3:tatlo
  • 4:apat
  • 5:lima
  • 6:anim
  • 7:pito
  • 8:walo
  • 9:siyam
  • 10:sampu

Sekian dulu posting saya kali ini , lain waktu kita bisa belajar bersama lagi dalam topik yang sama atau dalam bahasa yang lainnya

Alhamdulillah banget ya ,, walaupun gue ini orang desa , ga pernah sekolah tapi sedikit tahu bahasa negara lain , ingat ya ,, Hanya sedikit. Itupun cuma kata dasar doank. (English-Japan-Mandarin-Cantonis-Taiwan-Nepaly-Hindi-Tagalog-Dll) .Dulu sempet bisa bahasa Maldivez juga ,keren bahasanya tapi sekarang udah "BLANK" aliaz "LUPA".

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

32 responses to "Belajar Bahasa Tagalog yuk.. !"

InDIeZ™ on 01:42 AM, 01-Apr-12

Isa...magandang umaga sob..smile...lmyan jd bsa biar nyontek jg..biggrin.salamat

InDIeZ™ on 01:43 AM, 01-Apr-12

Kumustaka?...smile

Ulien on 01:46 AM, 01-Apr-12

wih mantap juga sob hihi smile

Dhanalova on 01:48 AM, 01-Apr-12

Cosan biggrin lei hao ma bro ...

InDIeZ™ on 01:55 AM, 01-Apr-12

Ah..curang lu, simkuring ga bisa ngajawab, kalo basa sunda ok aja..biggrin..kabooorrrr...lol...biggrin biggrin

Dhanalova on 02:05 AM, 01-Apr-12

@InDIeZ™,
hadow , , sunda abdi mah teu ngarti, , , kumaha ieu

Kaprol Linkpark Faint on 05:47 AM, 01-Apr-12

Thankz infox.. Di tunggu kunbalx boz
kaprol.heck.in

Cienugsienuqs™ on 06:37 AM, 01-Apr-12

agax mirip b. jawa yaa....

©ah gunem™ on 07:58 AM, 01-Apr-12

ikutan belajar mas bro biggrin wink

BELLA VIETHA on 11:51 AM, 01-Apr-12

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Met siaang sahabat smile

Afwan telat kunbal smile

Nice blog nice share...

•⌣˚Ʈ♓ªƞƘ ♧ ƔoƱ˚⌣•

Venuz on 12:00 PM, 01-Apr-12

aneh ya kalo yg bru dEnger lucu bhsa na.biggrin

Tasya Ayuni™ on 12:02 PM, 01-Apr-12

mantap kk.

Yuzuf's | ProkProk™ on 12:19 PM, 01-Apr-12

kpn2 b.alay ya mas. .haha

Husain Ali Yahya on 02:43 PM, 01-Apr-12

wkwkwk sarap artinya sedap. . Kunbal ya!

Azep Mz on 03:00 PM, 01-Apr-12

Wuahhkkk Absen siang sob,
Mantaf nih.. nTi aja sob belajarnya.. ,Mending nyimak aja bentar biggrin

Aryan'sKrui on 03:07 PM, 01-Apr-12

MAGANDANG HAPOH sob biggrin
hahaay,, keren2 bahasanya biggrin
Kunbal en Kunjungan TANGHARI ne,, sambil makan DURYAN DALAWA buah terasa SARAP biggrin tapi kayanya mau ULAN ne soalne mendung, jadi mesti sedia PAYONG biggrin

Sosrobahu on 03:08 PM, 01-Apr-12

apa mungkin dlu pnah d kuasai indo ya,jd agak2 mirip confusedkunbal sukses sob biggrin

Dhanalova on 10:28 PM, 01-Apr-12

biggrin haha lucu2 kalian nih ,, komen na , jdi terhibur . mkasih ya bro & sis dah berkenan mampir , komen ga gue blaz satu/satu

Dhanalova on 10:31 PM, 01-Apr-12

Oh ya .. Nantikan kedatangan saya diblog anda semua ,, dan maaf klo ada yg terlewat tidak saya kunjungi , sabar ja .. biasanya Blog yg loading na berat jatah belakangan .

Iman Hijrah dan Jihad on 05:35 AM, 02-Apr-12

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu..!

Kunjungan Menjelang subuh...smile

DO'A MOHON REJEKI YG DATANGNYA TAK DISANGKA-SANGKA :

Wa may yat-taqil laaha yaj'al lahuu makhroja. Wa yarzuqhu min haitsu laa yahtasib, wa may yatawak-kal'alal laahi fa huwa hasbuh, in-nal laaha baalighu amrih, qod ja'alal laahu likul-li syai-in qodroo.


Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, tentu diadakan-Nya jalan keluar baginya, dan memberinya rezeki dari"pintu"yang tak diduga-duga olehnya. Barang siapa yang bertawakal kepada Allah, maka Tuhan Allah akan mencukupkan kebutuhannya. Bahkan sesungguhnya Allah pelaksana semua peraturan-Nya. Dan Allah juga telah menjadikan segala-galanya serba beraturan. (Ath Tholaq ayat 2-3)

http://imanhijrahdanjihad.blogspot.com
http://imanhijrahdanjihad.wordpress.com

Dhanalova on 10:53 AM, 02-Apr-12

Walaikum salam wr,wb

terima kasih atas kunjungan & ilmu agamanya ..

Una on 07:39 PM, 02-Apr-12

Hehehee,, mantaf sob , nice post ...
Sekalian absen malam neh sob ,,,smile

Ncex on 09:47 PM, 02-Apr-12

nyimak z gan . .

Dhanalova on 11:04 AM, 03-Apr-12

Thanks all .. closed

deni's on 05:24 PM, 03-Apr-12

mantap abis gan. . .
di tunggu kumbal.a

Blogmwb on 07:18 PM, 04-Apr-12

Met malem br0ther. .s0ry telat. Minta d0'anya ndan. M0ga ane bisa lulus ujian Nasional. .thankz sblumnha..

www.wapmu.yn.lt
www.blogmwb.pun.bz

Dhanalova on 08:33 AM, 05-Apr-12

@Blogmwb,
pasti saya doain "moga lulus UNNAS dengan nilai yg baik"

Gondrong_poni™ on 08:05 PM, 05-Apr-12

maelemm gan. Wah tambh ilmu,
arigato gozaimashu.. Ganbatte dealova-san

Stev on 11:42 PM, 06-Feb-13

Kami sedang mencari agent berbahasa Tagalog,English and Indonesia...Klo ada yg berminat kirim cv ke stevani.albertin@gmail.com....

isti maori on 08:50 PM, 31-Mar-13

makaci ya aku mang pgn lg brtmn ma org pilipine

Muhammad Rizki on 10:16 PM, 17-Apr-13

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Wah, karna ada yg bilang bentar lg mau UN, sy jugak nih, bentar lg mau UN. Doakan saya, ya? semoga sya bisa mempersembahkan nilai2 yg bagus smile

Selly on 02:40 PM, 13-Jan-14

Pingin gabung dong

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)